Temui Jokowi Lewat Pintu Samping Istana, Anies: Saya Tamu di Sini

Suara.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/8/2019). Namun Anies masuk untuk menemui Jokowi tidak melalui Gedung Bina Graha dan pintu di Istana Negara.

Anies masuk lewat pintu samping, atau Wisma Negara. Diketahui, tamu-tamu yang ingin bertemu Jokowi kebanyakan masuk pintu Istana Negara yang berada di dekat gedung Bina Graha.

Hanya pejabat tertentu yang bisa masuk melaui pintu Wisma Negara apabila diundang Jokowi ke Istana. Diantaranya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, hingga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Terkait itu, Anies mengatakan hanya mengikuti arahan pihak Istana Kepresidenan. Mengingat dirinya hanya tamu.

“Kalau kami kan ikut protokoler saja. Saya tamu di sini, diarahkan lewat mana ya kita ikut,” kata Anies seraya tersenyum.

Saat ditanya apakah pertemuan tersebut juga membahas soal ajakan untuk kembali gabung ke kabinet Jokowi, Anies membantahnya.

Anies menegaskan, dirinya saat ini fokus mengurusi Ibu Kota.

“Enggak dong, saya konsentrasi di Jakarta. Dengan Presiden ketemu rutin karena banyak acara kita bersama-sama. Dan enggak semua pertemuan kan dicover teman-teman media kan. Komunikasi jalan terus,” kata Anies.

Untuk diketahui, sebelum Jokowi menerima Anies di Istana, Kepala Negara lebih dulu melakukan pertemuan dengan Ketua Ketua DPR Bambang Soesatyo. Namun, Bambang datang melalui pintu Istana Negara.