Meriahkan HUT RI ke-74, Kemensos Gelar Pesta Olahraga dan Kesenian 2019

Suara.com – Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74, Kementerian Sosial menyelenggarakan Pesta Olahraga dan Kesenian (Poksi) 2019, di Kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019). Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari, yaitu 15 dan 16 Agustus 2019.

“Kegiatan ini diikuti 1.103 kontingen dari seluruh direktorat, dan ada piala bergilir bagi juara umum,” kata Asep Sasa, Ketua Panitia Poksi 2019.

Menteri Sosial (Mensos)  Agus Gumiwang Kartasasmita membuka Poksi 2019 ini dengan melepaskan balon merah putih, yang dilanjutkan dengan devile para kontingen yang menampilkan berbagai kreativitas mereka.

Selain dari jajaran Sekretariat Jenderal, ada juga defile dari Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial, Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial, dan Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin. Setiap direktorat menampilkan sisi kebhinekaan dan keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia, seperti kuda lumping, dan penggunaan busana adat daerah.

“Kekompakan ini modal besar Kemensos menjalankan program pembangunan Kesejahteraan Sosial khususnya program dalam upaya menurunkan angka kemiskinan,” ujar Mensos.

Poksi 2019 dimeriahkan dengan  beragam lomba dan permainan tradisional, mulai dari bola voli, futsal, tenis meja, catur, bulutangkis, bakiak gandeng, tarik tambang, balap karung, makan kerupuk, dan joged balon.

Agus yang mengenakan kaos merah putih dipadu celana olahraga berwarna senada juga ikut serta mengikuti lomba balap karung. Selain diisi dengan aneka perlombaan, Poksi 2019 juga dimeriahkan dengan penampilan penyanyi campur sari, Didi Kempot.