Temui Talenta Muda Papua, Jokowi Disuguhkan Lagu Indonesia Pusaka

Suara.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri menyapa sejumlah talenta muda dari berbagai daerah. Para talenta muda tersebut tampil dalam sebuah acara bertajuk Talenta Muda Bhinneka Tunggal Ika yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (23/8/2019) malam.

Saat Jokowi tiba di Ruang Cindera Mata, Istana Negara, para talenta muda tersebut langsung menghampiri untuk menyapa dan bersalaman dengan Jokowi. Jokowi pun tampak mendengarkan seorang talenta muda asal Papua, Vien Reyes yang bernyanyi ‘Indonesia Pusaka’.

Tak hanya itu, Jokowi juga berinteraksi dengan talenta muda lainnya. Mereka adalah trio Carlos, Aldo, dan Revan yang tergabung dalam sebuah grup musik hip-hop RDP Generation. Ketiga talenta yang masih duduk di kelas 5 dan 6 sekolah dasar tersebut kemudian memamerkan kemampuan mereka bernyanyi hip-hop dan rap.

Ketiga anak yang berasal dari Kota Soe, Nusa Tenggara Timur, itu membawakan lagu “Malam Ini Indah” karya rapper Iwa K. Selain itu, sekelompok paduan suara juga menunjukkan kebolehan mereka bernyanyi disertai gerakan Tari Kecak di hadapan Kepala Negara. Usai menyaksikan para talenta muda yang akan tampil, Jokowi menyempatkan berfoto bersama dengan seluruh talenta muda yang hadir.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan para talenta muda yang hadir berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan memiliki kemampuan yang beragam.

“Malam ini kita akan menyaksikan penampilan dari talenta-talenta muda dari Bhinneka Tunggal Ika. Seperti juga hadirin yang ada di sini, beragam sekali. Dari profesi, dari usia, dari wajah-wajah di sini Bhinneka Tunggal Ika. Ini penting bahwa keragaman kita adalah kekayaan kita,” ucap Triawan di acara Talenta Muda Indonesia Bhinneka Tunggal Ika di Istana Negara.

Tak hanya itu, Triawan menuturkan acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia dan diadakan untuk menunjukkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan keanekaragaman dan talentanya.

Kata dia, acara tersebut diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi seluruh anak Indonesia yang punya semangat untuk berprestasi dan semangat untuk maju.

“Malam ini adalah salah satu malam yang penting yang akan kita budayakan, insyaallah setiap tahun, di mana setiap tahun kita merayakan bulan kemerdekaan dan keragaman acara,” tuturnya.

Triawan menambahkan, Jokowi berpesan bahwa kedepan para talenta muda akan ditampikan di acara-acara yang digelar Istana. Sebab kata dia, Istana bukan lagi tempat yang sakral.

“Pak Presiden tadi juga sampaikan, bahwa ke depannya setelah acara ini para talenta-talenta yang kita saksikan ini akan ditampilkan satu persatu pada acara-acara yang ada di istana. Istana adalah milik kita, bukan lagi tempat yang sakral,” katanya.