Dampingi Pimpinan KPK, Saut Situmorang: Bukan Kembali, Hanya Berkunjung

Suara.com – Mantan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang terlihat mendampingi Ketua KPK Agus Rahardjo dan wakilnya Laode M. Syarief saat menyampaikan beberapa point penting terkait adanya upaya pelemahan lembaga antirasuah.

Saat Agus tengah menyampaikan beberapa poin terkait adanya upaya pelemahan KPK, Saut nampak tak ada senyum. Dalam kesempatan ini Saut memakai batik berwarna hitam dengan dibalut rompi cokelat.

Saut menegaskan dirinya hadir dan datang ke KPK hanya untuk berkunjung dan bukan kembali sebagai Wakil Ketua KPK.

“Saya hari ini bukan kembali (sebagai Wakil Ketua KPK) ya, saya hari ini berkunjung, oke clear ya,” ucap Saut, Jumat (13/9/2019).

Diketahui, Saut pagi tadi telah mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua KPK. Dimana informasi tersebut didapat oleh awak media dari pesan email Saut kepada seluruh pimpinan KPK dan seluruh pegawai KPK.

Sebelum masuk ke dalam gedung KPK bersama pimpinan yang lain, awak media sempat meminta Saut untuk menjelaskan terkait alasan pengunduran dirinya secara langsung. Tetapi, Saut menolak dan tanya balik ke wartawn yang tengah melakukan peliputan.

“Sudah liat kan kamu email saya (terkait pengunduran diri). Sudah ya,” singkat Saut sambil memasuki Gedung KPK.

Diberitakan sebelumnya, Saut menyampaikan pengunduran dirinya melalui pesan email dan mengucapkan terima kasi kepada Tuhan YME.

“Saudara saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua ; Ijinkan saya bersama ini menyampaikan bbrp hal sehubungan dengan Pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK-terhitung mulai Senin 16 September 2019,” kata Saut melalui pesan Email.

Dalam pesannya itu Saut juga menyampaikan permintaan maaf kepada empat pimpinan KPK dan kepada seluruh pegawai KPk maupun mereka yang telah berdedikasi bersama dirinya di KPK.

“Terlebih dahulu ,saya mohon maaf sekaligus mengucapkan banyak terima kasih kepada semua Pimpinan KPK Jilid IV, Bunda BP, Bro Alex M , Bro LM Syarif, dan pak bro Ketua Agus R. Struktural, Staf,Security,semua Ofice Boy yang bersihkan ruangan saya setiap hari dan yang membantu menyiapkan makanan (Terutama Mbak Wati dan mas Dul), Driver saya Edy dan Syukron, Pengawal E, J dan Sdw, dan lain lain,” ucap Saut.