Narendra Modi ‘Plogging’ di Pantai Sebelum Bertemu Xi Jinping

Suara.com – Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan plogging atau jogging sambil memungut sampah pada Sabtu (12/10/2019) pagi di pantai Mamallapuram. Dia memberi pesan khusus mengenai kampanye Swachh Bharat Abhiyaan and Fit India.

Sebelum mengadakan pertemuan informal dengan Presiden Cina Xi Jinping, Narendra Modi terlihat di pantai. Selama 30 menit dia memungut sampah sambil berjalan di tepian pantai.

Dilansir dari Times of India, dibalut piyama hitam kurta, Modi terlihat membawa tas plastik besar di tangannya. Dia mengambil sampah plastik dan botol air yang berserakan di pantai.

Pada akhir kampanye pembersihan, Perdana Menteri India ini memberikan sampah yang dikumpulkannya ke petugas kebersihan dan sanitasi setempat.

“Plogging di pantai Mamallapuram pagi ini. Itu berlangsung selama lebih dari 30 menit. Juga menyerahkan ‘koleksi’ saya kepada Jeyaraj, yang merupakan bagian dari staf hotel,” cuit Modi yang diunggah ke akun Twitter @narendramodi bersama dengan 3 menit videonya membersihkan pantai.

Dia mengajak rakyat India untuk memastikan tempat-tempat umum tetap bersih dan rapi.

“Mari kita juga pastikan kita tetap bugar dan sehat,” imbuhnya.

Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan plogging, jogging dan pungut sampah, di pantai Mamallapuram. (twitter @narendramodi)Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan plogging, jogging dan pungut sampah, di pantai Mamallapuram. (twitter @narendramodi)

Plogging adalah aktivitas yang menggabungkan jogging dengan memungut sampah. Kata ini berasal dari kata ‘jogging’ dan ‘picking up litter’.

Perdana Menteri India Narendra Modi dalam beberapa bulan terakhir telah menyoroti kebutuhan untuk menghilangkan plastik sekali pakai dari India.

Bulan lalu, ia mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kampanye lari dua kilometer sambil pungut sampah untuk mempromosikan plogging di seluruh negeri.